meili's Blog

just look it ☜(゚ヮ゚☜)

Teori organisasi umum (organisaasi laba)

PENDAHULUAN

Pasar modal menjadi ikon ekonomi modern. Hiruk pikuk industri pasar modal sering menjadi symbol dan gambaran ekonomi masyarakat masa kini. Pasar modal termasuk salah satu oraganisasi yang bersasaran pokok untuk kegiatan yang berkenaan dengan penawaran dan perdangan efek dengan tujuan komersil atau mencari laba (keuntungan).

Secara historis, pasar modal telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka. Pasar modal atau bursa efek telah hadir sejak jaman kolonial Belanda dan tepatnya pada tahun 1912 di Batavia. Pasar modal ketika itu didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan pemerintah kolonial atau VOC.

Meskipun pasar modal telah ada sejak tahun 1912, perkembangan dan pertumbuhan pasar modal tidak berjalan seperti yang diharapkan, bahkan pada beberapa periode kegiatan pasar modal mengalami kevakuman. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti perang dunia ke I dan II, perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial kepada pemerintah Republik Indonesia, dan berbagai kondisi yang menyebabkan operasi bursa efek tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Pemerintah Republik Indonesia mengaktifkan kembali pasar modal pada tahun 1977 di bawah pengawasan Bapepam, dan beberapa tahun kemudian pasar modal mengalami pertumbuhan seiring dengan berbagai insentif dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.
pada tahun 2007, pasar modal indonesia yang awalnya bernama Bursa Efek Jakarta melakukan merger bersama Bursa Efek Surabaya dan berganti nama menjadi Bursa Efek Indonesia. penggabungan ini bertujuan agar Indonesia hanya memiliki satu pasar modal.

TEORI

  • Definisi ORGANISASI menurut para ahli :
    1. wexlwy and yulk : pola kerja sama antara orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.
    2. max weber : sekelompok orang yang terbiasa mematuhi perintah para pemompinnya dan tertarik pada kelanjutan partisipasi mereka dan keuntungan yang dihasulkan, yang membagi antara mereka praktek-praktek dari fungsi tersebut yang siap melayani untuk praktek mereka.
    3. Dwight waldi : struktur hubungan kekuasaan dan kebiasaan orang-orang dalam suatu system administrasi.
    4. chester barnard : system dari aktivia- aktivia orang yang tyerkoordinasikan secara sadar, atau kekuatan-kekuatan yang terdiri dari dua orang atau lebih.
    5. Stephen p. robin : kesatuan (entity) social yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasikan yang bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  • Definisi PASAR MODAL

1.      Menurut Husnan (2003) adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

2.      Menurut Usman (1990:62), umumnya surat-surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal dapat dibedakan menjadi surat berharga bersifat hutang dan surat berharga yang bersifat pemilikan. Surat berharga yang bersifat hutang umumnya dikenal nama obligasi dan surat berharga yang bersifat pemilikan dikenal dengan nama saham. Lebih jauh dapat juga didefinisikan bahwa obligasi adalah bukti pengakuan hutang dari perusahaan, sedangkan saham adalah bukti penyertaan dari perusahaan.

3.      Pengertian pasar modal secara umum adalah suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk didalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara dibidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar. Dalam arti sempit, pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek (Sunariyah, 2000 : 4).

4.      pasar modal juga merupakan salah satu cara bagi perusahaan dalam mencari dana dengan menjual hak kepemilikkan perusahaan kepada masyarakat.

  • Investasi dan Pelaku Pasar Modal

1.       Proyek-proyek investasi itu mempunyai risiko yang tidak independent Awat (1999 : 276).

2.      Harapan keuntungan suatu portofolio adalah rata-rata tertimbang dari harapan keuntungan surat berharga yang diperbandingkan dalam portofolio tersebut. Para pemain utama yang terlibat di pasar modal dan lembaga penunjang yang terlibat langsung dalam proses transaksi antara pemain utama sebagai berikut Kasmir(2001 : 183-189) :
                  A. Emiten.

Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa (disebut emiten). Dalam melakukan emisi, para emiten memiliki berbagai tujuan dan hal ini biasanya sudah tertuang dalam rapat umum pemegang saham (RUPS), antara lain :

a.       Perluasan usaha, modal yang diperoleh dari para investor akan digunakan untuk meluaskan bidang usaha, perluasan pasar atau kapasitas produksi.

b.      Memperbaiki struktur modal, menyeimbangkan antara modal  sendiri dengan modal asing.

c.       Mengadakan pengalihan pemegang saham. Pengalihan dari  pemegang saham lama kepada pemegang saham baru.

B. Investor.

Pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan emisi (disebut investor). Sebelum membeli surat berharga yang ditawarkan, investor biasanya melakukan penelitian dan analisis tertentu. Penelitian ini mencakup bonafiditas perusahaan, prospek usaha emiten dan analisis lainnya.
Tujuan utama para investor dalam pasar modal antara lain :

a.       Memperoleh deviden. Ditujukan kepada keuntungan yang akan diperolehnya berupa bunga yang dibayar oleh emiten dalam bentuk deviden.

b.      Kepemilikan perusahaan. Semakin banyak saham yang dimiliki maka semakin besar pengusahaan (menguasai) perusahaan.

c.   Berdagang. Saham dijual kembali pada saat harga tinggi  pengharapannya adalah pada saham yang benar-benar dapat menaikkan keuntungannya dari jual beli sahamnya.

            C. Lembaga Penunjang.

Fungsi lembaga penunjang ini antara lain turut serta mendukung beroperasinya pasar modal, sehingga mempermudah baik emiten maupun investor dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pasar modal. Lembaga penunjang yang memegang peranan penting di dalam mekanisme pasar modal adalah sebagai berikut :

a.       Penjamin emisi (underwriter). Lembaga yang menjamin terjualnya saham/obligasi sampai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan emiten.

b.      perantara perdagangan efek (broker / pialang). Perantaraan dalam jual beli efek, yaitu perantara antara si penjual (emiten) dengan si pembeli (investor). Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh broker antara lain meliputi :

1)      Memberikan informasi tentang emiten

2)      Melakukan penjualan efek kepada investor

c.       Perdagangan efek (dealer), berfungsi sebagai :

1)      Pedagang dalam jual beli efek

2)      Sebagai perantara dalam jual beli efek

d.    Penanggung (guarantor). Lembaga penengah antara si pemberi kepercayaan dengan si penerima kepercayaan. Lembaga yang dipercaya oleh investor sebelum menanamkan dananya.

e.     Wali amanat (trustee). Jasa wali amanat diperlukan sebagai wali dari si pemberi amanat (investor).

Kegiatan wali amanat meliputi :

1)      Menilai kekayaan emiten

2)      Menganalisis kemampuan emiten

3)      Melakukan pengawasan dan perkembangan emiten.

4)      Memberi nasehat kepada para investor dalam hal yang berkaitan dengan emiten

5)      Memonitor pembayaran bunga dan pokok obligasi

6)      Bertindak sebagai agen pembayaran.

f.      Perusahaan surat berharga (securities company). Mengkhususkan  diri dalam perdagangan surat berharga yang tercatat di bursa      efek. Kegiatan perusahaan surat berharga antara lain :

1) Sebagai pedagang efek

2) Penjamin emisi

3) Perantara perdagangan efek

4) Pengelola dana

g. Perusahaan pengelola dana (investment company). Mengelola surat-surat berharga yang akan menguntungkan sesuai dengan          keinginan investor, terdiri dari 2 unit yaitu sebagai pengelola  dana dan penyimpan dana.

h.      Kantor administrasi efek. Kantor yang membantu para emiten  maupun investor dalam rangka memperlancar administrasinya.
1) Membantu emiten dalam rangka emisi

2) Melaksanakan kegiatan menyimpan dan  pengalihan hak atas saham para investor

3) Membantu menyusun daftar pemegang saham

4) Mempersiapkan koresponden emiten kepada para  pemegang saham

5) Membuat laporan-laporan yang diperlukan

  • Fungsi Pasar Modal

Tempat bertemunya pihak yang memiliki dana lebih (lender) dengan pihak yang memerlukan dana jangka panjang tersebut (borrower). Pasar modal mempunyai dua fungsi yaitu ekonomi dan keuangan. Di dalam ekonomi, pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari lender ke borrower.

Dengan menginvestasikan dananya lender mengharapkan adanya imbalan atau return dari penyerahan dana tersebut. Sedangkan bagi borrower, adanya dana dari luar dapat digunakan untuk usaha pengembangan usahanya tanpa menunggu dana dari hasil operasi perusahaannya. Di dalam keuangan, dengan cara menyediakan dana yang diperlukan oleh borrower dan para lender tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva riil.

PEMBAHASAN

Pasar modal di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam tahun-tahun terakhir. Beritanya banyak menghiasi media-media massa bahkan di televisi. banyak sekali saham yang tercatat di pasar modal indonesia.  tujuannya sama yaitu mendapatkan keuntungan atau tujuan komersil. salah satu sahamnya adalah PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1971 oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1990 menjadi Indofood.pada tahun 1994, pt indofood berganti nama menjadi PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR dan mempunyai Penawaran Saham Perdana sebanyak 763 juta saham dengan harga nominal Rp1.000 per saham, tercatat di Bursa Efek Indonesia. pada tahun 1996, Melaksanakan pemecahan saham dengan perbandingan 1:2. saham yang ada di pecah menjadi 1:2 dari saham awalnya. lalu pada tahun 1997,  pt indofood Mengakuisisi 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis serta distribusi, serta Melakukan penawaran umum terbatas dengan perbandingan 1:5, total penambahan saham sebanyak 305,2 juta. perkembangan saham yang ada teruss terjadi setiap tahunnya, bahkan keuntungan yang di dapat pun kian bertambah. hingga di tahun 2010 lalu indofood menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP dengan jumlah kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP dan melakukan Penawaran Saham Perdana yang dilanjutkan dengan pencatatan saham ICBP di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010. dan meningkatkan kepemilikan saham Pacsari Pte. Ltd. sebesar 10% menjadi 100% kepemilikan. sungguh hasil yang sangat luar biasa. dengan kegigihan yang telah dilaksanakan sejauh ini PT. INDOFOOD mampu bersaing dengan baik di nasional maupun internasional.

Oktober 7, 2011 - Posted by | Teori Organisasi Umum | , , , , ,

2 Komentar »

  1. assalamu’alaikum,
    blog ente dari dulu gini2 aja😀

    #just info#

    share coding ‘student UG news’ buat gadget blog,,
    http://zulfindrajuliant.blogspot.com/2012/03/assalamualaikum-share-coding-student-ug.html

    hasil:

    (ane jg share ke anak2 koding yg ini)

    ###################################

    #just info#

    biar postingan terlihat rapih,,

    http://zulfindrajuliant.blogspot.com/2011/07/membuat-read-more-otomatis-pada-setiap.html

    #sharing aja, terserah mau digunakan atau tidak😀, bebas,,#

    Komentar oleh zulfinjuliant | Maret 24, 2012 | Balas

    • okay bang nanti ane coba lagi..

      Komentar oleh meilimeili | Maret 26, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: